PT Indosat Mega Media, penyedia jasa internet dan multimedia terkemuka di Indonesia, menargetkan jumlah aplikasi di I-Store mencapai 500 unit aplikasi hingga akhir tahun ini.
Andri Fisaterdi, Manajer Pengembangan Konsep PT. Indosat Mega Media (IM2) menyatakan saat ini jumlah aplikasi yang tersedia di toko aplikasi online tersebut sekitar 300 aplikasi. “Semua hasil kreasi dari kurang lebih 100 developer lokal,” katanya di sela peluncuran “IM3 Mobile Academy”, Selasa (28/6/11).
Untuk meraih target ini, tambah Andri, IM2 mengadakan sejumlah kompetisi maupun edukasi supaya para pengembang lebih termotivasi untuk menciptakan produk baru. “Sebenarnya potensi para pengembang konten dan aplikasi di Indonesia cukup besar, mereka hanya kurang termotivasi untuk mengembangkan aplikasi baru,” ujar Andri.
Hingga saat ini jumlah unduhan (download) yang telah dilakukan di I-Store mencapai 10.000 download. I-Store diluncurkan pada 15 Desember 2010, dan merupakan toko aplikasi online khusus platform Android.
Selain menggandeng developer lokal, IM2 juga bekerjasama dengan Google Advertising Mobile (admob) untuk pemasangan iklan di aplikasi yang ditawarkan secara gratis. Para developer meraih pendapatan dari pemasangan iklan tersebut.
IM2 belum menargetkan pendapatan dari I-Store pada tahun ini. “Kami hanya berfokus pada sosialisasi dan peningkatan jumlah aplikasi yang ditawarkan saja. Sejauh ini 60% pendapatan disalurkan kepada developer, sementara sisanya untuk IM2 dan pihak lain yang bekerjasama,” tutur Andri.
Sementara itu, PT Indosat Tbk, selaku induk dari IM2, terus berusaha mempertahankan loyalitas pelanggan kartu seluler IM3 dari segmen anak muda melalui event IM3 Mobile Academy.
Jay MS, Marketing Communication, Manager Event & Sponsorship Indosat , menyatakan 75% pelanggan layanan seluler IM3 ditopang oleh anak muda. “Acara semacam ini dapat menanamkan loyalitas pelanggan kami yang mayoritas anak muda,” katanya di sela acara tersebut.
Jay juga berharap melalui acara-acara semacam ini, tingkat perpindahan pelanggan (churn rate) akan menurun menjadi kurang dari 5%. “Saat ini churn rate kami berkisar 30% hingga 40%,” ujar Jay.
Acara yang berlangsung selama masa liburan sekolah tersebut merupakan wadah bagi para pelajar SMU dan sederajat dari seluruh Indonesia untuk mengisi liburan dengan berbagai kegiatan serta pelatihan yang disediakan oleh Indosat.
"Dalam acara ini, para pelajar diarahkan untuk mengembangan hobi serta minatnya agar menjadi sesuatu yang menguntungkan, melalui online media," kata Devimaz Gusmal, Division Head Brand Maintenance Indosat.
[http://www.bisnis.com/infrastruktur/telekomunikasi/29254-indosat-patok-aplikasi-di-i-store-capai-500-unit]
0 komentar:
Posting Komentar