Dibandingkan seluruh negara di kawasan Asia Tenggara, Indonesia memang
memiliki jumlah pengguna BlackBerry terbesar. Lantas apa yang membuat
ponsel ini begitu sukses?
Ada sekitar tiga juta pelanggan
BlackBerry di Indonesia. Angka ini diyakini masih akan terus bertambah
seiring gencarnya aktivitas pemasaran RIM bersama mitra-mitranya di
Indonesia. Indonesia sendiri memiliki pasar seluler dengan angka lebih
dari 180 juta pelanggan.
Nah, di balik kesuksesan
BlackBerry ternyata tak luput dari kebiasaan para pengguna di Indonesia.
Hal inilah yang dimanfaatkan RIM untuk terus gencar mempromosikan
produk mereka.
"Masyarakat Indonesia itu gemar texting.
Sehingga mereka mendapatkan pengalaman yang lebih baik dengan fitur BBM,
email dan sosial media. Itulah yang membuat BlackBerry laris di
Indonesia," jelas Francois Mahieu, Senior Director, Head of Asia Pacific
Product Management RIM.
Selain itu, RIM juga menerapkan berbagai
strategi mereka seperti membangun komunitas, memberikan pilihan produk
yang beragam, atau menawarkan efisiensi serta durabilitas produk yang
diklaim terbaik di kelasnya.
"Indonesia adalah pasar yang amat
penting, dan kami memang memberikan perhatian ekstra untuk Indonesia,"
pungkas Mahieu, di FX Plaza, Selasa (16/8/2011) malam.
[http://www.detikinet.com/read/2011/08/17/143223/1705391/319/kunci-sukses-blackberry-di-indonesia?i991101mainnews]
0 komentar:
Posting Komentar